tanda tanda menstruasi

Tanda Tanda Menstruasi Kamu Tidak Normal, Waspada!

Menstruasi yang terjadi pada seorang wanita ada yang normal dan ada yang tidak normal. Kalaupun kita lihat dari segi periodenya maka kita juga bisa lihat bahwa setiap wanita punya siklus yang berbeda-beda. Bagi yang normal, tentu saja tanda tanda menstruasi akan lebih umum dan kamu pun bisa mengenali tanda tersebut. Sedangkan pada mereka yang mengalami siklus menstruasi yang tidak normal tanda tandanya harus kamu pahami dengan benar agar bisa mendapatkan penanganan khusus.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detail terkait tanda tanda menstruasi yang tidak normal yang terjadi pada kamu. Harapannya kamu bisa lebih waspada dan melakukan penanganan yang sesuai dengan anjuran dokter.

Beberapa Tanda Menstruasi yang Bisa Kita Katakan Tidak Normal

Ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali ketika kamu mengalami haid yang tidak normal, berikut ini diantaranya yang harus kamu pahami:

  • Sering Telat Menstruasi

Pertama yang bisa kamu jadikan tanda tanda menstruasi tidak normal adalah kamu sering telat menstruasi. Atau bisa kita katakan menstruasi kamu tidak teratur, karena yang teratur itu siklusnya 28 hari sekali sampai 35 hari sekali.

Nah apabila menstruasi tiba-tiba berhenti selain alasan kehamilan ada juga penyebab lain yang menjadi penyebabnya. Diantaranya kamu terlalu sering olahraga melebihi batas normal, kamu mengalami kenaikan berat yang cukup drastic, kamu mengkonsumsi pil KB, PCOS, stress, ataupun perimenopause.

  • Ada Pendarahan Berat

Setiap menstruasi volume darah yang keluar setiap wanita pasti berbeda-beda. Nah jika kamu mengeluarkan darah dengan volume yang besar dalam waktu singkat bisa jadi kamu mengalami menorrhagia. Kejadian ini biasanya akan beriringan dengan terjadinya anemia atau kurang darah yang ditandai dengan sesak napas maupun kelelahan. Segera lakukan pemeriksaan ke spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan secara tepat.

  • Siklus Lamanya Menstruasi Terganggu

Siklus menstruasi pada setiap wanita biasanya selalu sama tiap bulan yaitu 7 sampai 14 hari maksimal. Namun pada beberapa kasus ada wanita yang mengalami mens lebih singkat atau bahkan ada yang lebih lama daripada biasanya. Nah ini bisa menjadi sebuah alarm kalau kamu mengalami masalah atau ada penyakit di tubuhmu. Seperti ada ketidakseimbangan hormon, kemudian fibroid ataupun ada polip.

  • Kram Saat Mens

Tanda tanda menstruasi selanjutnya adalah kamu sering kram ketika haid. Kram terjadi karena ada kontraksi di uterus yang terdorong hingga keluar lapisan uterus. Biasanya terjadi selama 2 atau 3 hari sebelum menstruasi berlangsung dan juga selama dua hingga empat hari selama haid berlangsung.

Pada kondisi kram yang parah kita sebut dengan dismenore yang sebabnya adalah ada fibroid, kemudian kamu pakai IUD, mengalami endometriosis, penyakit menular seksual, adenomyosis, dan sebagainya.

  • Ada Pendarahan Ketika Menstruasi

Ada banyak penyebab kenapa kamu bisa sampai mengalami pendarahan saat menstruasi. Diantaranya kamu pasti mengubal pil KB kamu, lalu ada penyakit menular seksual (Klamidia dan Gonore), mengidap PCOS, polip dan sebagainya.

  • Mengalami Nyeri Payudara

Saat menstruasi biasanya payudara kita kita akan melunak. Hal ini bisa terjadi karena adanya fluktuasi kadar hormon. Nyeri payudara yang kamu alami sejatinya selain sebagai penyebab kanker juga bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit yang cukup serius di tubuh kamu.

  • Mengalami Diare atau Muntah

Kemudian selanjutnya adalah diare ataupun muntah, biasanya hal tersebut terjadi di sekitar waktu menstruasi. Nah kalau kamu menemukan gejala tersebut tidak normal maka segera periksakanke dokterĀ  yaa karena diare bisa memicu kondisi tubuh dehidrasi.

Itulah tadi beberapa tanda tanda menstruasi pada kondisi tubuh yang tidak normal. Jika kamu mengalami beberapa kondisi di atas sebaiknya memang segera datanglah ke spesialis dokter kandungan. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan ikuti anjuran dokter. Tapi paling terbaik sih ubah pola hidup kamu dan ubah makanan kamu menjadi lebih sehat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.