program penjualan dan stok barang

Cara Mudah Membuat Laporan Penjualan Sederhana dengan Program Penjulan dan Stok Barang

Selama beberapa dekade, laporan penjualan sudah berfungsi sebagai satu kesatuan dalam manajemen penjualan. Tim penjualan mengandalkan laporan penjualan untuk memenuhi tujuan penjualan mereka, sementara direksi perusahaan dan manajer keuangan meninjau laporan penjualan tiap-tiap bulan, triwulanan, dan setiap tahun untuk membuat keputusan berdasarkan informasi penjualan untuk masa depan perusahaan, termasuk cara mengalokasikan investasi dan merencanakan pertumbuhan.

Sementara data dan analisis yang disusun dalam laporan tetap sangat berharga untuk proses pengambilan keputusan, dilain waktu laporan itu sendiri telah usang. Berkat teknologi, ada cara baru, jauh lebih efisien dan efektif bagi tim penjualan untuk mengumpulkan dan meninjau data penting.

Apa Itu Laporan Penjualan?

Laporan penjualan adalah kumpulan informasi penjualan yang disampaikan sebagai bahan pencatatan dan analisis penjualan yang berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam format pemasaran, harga, dan sistem penjualan. Sederhananya, laporan penjualan memberikan analisa perihal kegiatan penjualan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Dibuat setiap bulan, triwulanan, dan tahunan, untuk memenuhi keperluan bisnis tertentu, laporan penjualan berisi bermacam-macam metrik dan data penjualan, seperti:

  • Total pendapatan
  • Volume penjualan
  • Jumlah penawaran
  • Kecepatan penjualan (panjang siklus penjualan dan berapa lama setiap peluang tetap di setiap tahap)
  • Jumlah dan jenis pelanggan baru
  • Tingkat konversi
  • Biaya akuisisi pelanggan

Mengapa Pelaporan Penjualan Penting?

Data dan analisis penjualan sangat penting untuk manajemen strategis dan keberhasilan seluruh proses penjualan. Dengan melacak metrik penjualan, manajer penjualan dapat melihat di mana letak keberhasilan perusahaan dan memahami apa yang mendorong penjualan di bidang-bidang itu, serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja penjualan, dan meningkatkan penjualan saat bisnis tumbuh.

Dengan menganalisa data penjualan tersebut, manajer penjualan juga dapat lebih mudah menemukan penawaran berisiko untuk menghentikan slippage, mendorong penjualan yang dapat diprediksi, dan mendukung penjualan yang lebih akurat.

Cara Membuat Laporan Penjualan

Ada bermacam-macam detil yang bisa Anda sertakan dalam laporan penjualan Anda; tapi terlalu banyak detil tentu bisa mengurangi informasi utama yang ingin Anda sorot. Sebagai gantinya, sesuaikan laporan penjualan Anda untuk fokus pada metrik tertentu yang memainkan peran terbesar dalam progres penjualan Anda.

Sesudah Anda tahu apa yang menjadi fokus utama, berikut langkah-langkah dasar yang bisa Anda ikuti untuk membuat laporan penjualan:

  1. Mulai dengan Rangkuman Penjualan

Mengawali laporan penjualan Anda dengan rangkuman memungkinkan Anda untuk menerima hal-hal yang baik dulu. Lihat kembali penjualan Anda dari bulan, kuartal, atau tahun yang Anda laporkan untuk memastikan keberhasilan.

Ketika menulis rangkuman, tanyakan pada diri sendiri, “Apa hal utama yang mau saya komunikasikan dalam laporan penjualan?”

Dalam banyak kasus, umumnya jumlah penjualan yang disertakan dalam rangkuman yaitu yang dijalankan selama periode tersebut dan apakah Anda memenuhi target penjualan merupakan hal yang paling penting untuk disorot. Ingatlah untuk membuat rangkuman, mungkin satu paragraf sudah cukup untuk laporan mingguan, sementara laporan triwulanan atau tahunan memerlukan hingga beberapa halaman.

  1. Merincikan Angka Penjualan

Sertakan bagian yang berfokus pada angka penjualan. Informasi yang ideal untuk bagian ini bervariasi, tetapi Anda cukup merinci metrik yang berkaitan dengan total penjualan sesuai periode tersebut.

  1. Jelaskan Hasil Penjualan Anda

Sesudah Anda memberikan semua nilai dan data yang relevan, sertakan perbandingan antara jangka waktu sebelumnya untuk konteks yang lebih. Gunakan bagan untuk memvisualisasikan bagaimana angka penjualan Anda saat ini dibandingkan dengan bulan atau kuartal sebelumnya.

Anda juga harus menggunakan bagian ini dari laporan penjualan Anda untuk menjelaskan beberapa faktor yang memengaruhi volume penjualan. Terlepas dari apakah Anda memenuhi target atau tujuan penjualan Anda, sangat penting untuk menganalisa faktor-faktor apa yang menyebabkan hasil ini.

Jika Anda memiliki periode penjualan yang buruk, identifikasi apa yang salah dan jelaskan bagaimana Anda berencana untuk meningkatkan untuk periode berikutnya. Jika Anda melebihi target penjualan, cari cara untuk duplikasi hasil ini di masa mendatang.

Dengan program penjualan dan stok barang Jurnal by Mekari, pelaporan penjualan sekarang dapat disederhanakan, sangat akurat, dan dilakukan secara real time. Lebih lanjut, aplikasi ini memungkinkan tim penjualan untuk melihat informasi detil pada periode tertentu atau secara keseluruhan, program penjualan dan stok barang Jurnal by Mekari sangat akurat untuk melihat total penjualan supaya dapat meningkatkan penjualan dan keputusan investasi di masa depan.

Buat Laporan Penjualan Perusahaan Dagang dengan Aplikasi Akuntansi Jurnal

Laporan penjualan memang sangat penting untuk dipahami karena merupakan dasar untuk membuat laporan keuangan lainnya.

Terlebih dengan sifat produktivitas berkaitan dengan pekerja, biaya, energi, bahan dan lain-lain membuat laporan penjualan perusahaan dagang dapat dilakukan dengan mencatat seluuruh transaksi penjualan yang telah dilakukan.

Pada dasarnya, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang sehat. Untuk menyusun hal tersebut, diperlukan laporan harian.

Dalam praktiknya, Anda bisa menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari agar proses cara membuat laporan penjualan perusahaan dagang lebih mudah.

Software aplikasi keuangan perusahaan Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik. Manfaatkan juga aplikasi pembukuan toko untuk membantu pekerjaan Anda.

Di atas adalah penjelasan tentang pengertian, cara membuat, dan contoh dari laporan penjualan perusahaan dagang. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *